Minggu, 13 Februari 2011

Kenapa Anak-Anak Berkerudung??


Ada banyak orang tua mengernyitkan dahi ketika anak-anak kecil menggunakan kerudung. Mereka bertanya: "Kenapa masih kecil sudah pakai kerudung?" ."Anak-anak itu kan, memiliki imajinasi yang bebas, kalau memakai kerudung, maka imajinasinya jadi terhambat!". "Anak kecil kan belum terkena kewajiban? Tega banget orang tua yang memaksa anak-anak kecilnya berkerudung". Dan mungkin segudang pertanyaan lainnya menggelayut di pikiran para orang tua.

Kami mencoba mendudukan persoalan ini sesederhana mungkin, karena persoalannya juga sangat sederhana, tidak lebih rumit dari persoalan Mafia Hukum dan Turunnya Hosni Mubarak di Mesir.

Kenapa anak-anak berkerudung??
1. Sebagai bentuk pengenalan terhadap syariat Islam. Ini merupakan Tarbiyah(Pendidikan) sejak dini.
2. Untuk melindungi anak-anak dari cuaca yang panas, terutama ketika sedang bepergian atau bermain.
3. Anak-anak kelihatan lebih cantik dan lucu kalau pakai kerudung yang cocok.

Tidak ada paksaan bagi anak-anak dalam berkerudung. Pengalaman terhadap puteri kami, yang kami kenalkan kerudung sejak kecil, menunjukan bahwa dia mau memakai kerudung yang lucu dan nyaman dipakai. Memang terkadang dia enggan memakai kerudung, tapi seringkali ketika hendak bepergian, dia sendiri yang meminta dipakaikan kerudung, dan memilih sendiri kerudung yang diinginkannya.

Anak-anak yang memakai kerudung, sama sekali tidak akan menghalangi imajinasi dan kreativitas mereka. Anak-anak tetaplah anak-anak yang akan tetap ceria, kreatif, dan imajinatif. Anak kami memakai kerudung, tapi bermainnya tetap aktif, bahkan dia suka bermain "jurus", dengan membayangkan sebagai Naruto, tokoh kartun favoritnya (Hebat, Naruto berkerudung).

Namun tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memakaikan kerudung kepada anak-anak:
1. Carilah kerudung dengan bahan yang nyaman, dan usahakan menyerap keringat (Contoh: berbahan kaos TC)
2. Perhatikan ukuran kerudung anak Anda, jangan sampai dipaksakan memakai kerudung yang kekecilan atau kebesaran.
3. Pilihlah model-model yang disukai dan sesuai dengan jiwa anak-anak. Seperti kerudung yang instan, dan tidak kehilangan jiwa kekanak-kanakannya, bisa dengan menambahkan karakter kartun atau binatang serta bunga-bunga kesukaannya.
4. Yang penting kualitas dan kenyamanan, bukan harga. (Banyak orangtua mengurungkan membeli kerudung buat anaknya karena harganya cukup tinggi. Tapi kalau buat orangtuanya, berkali lipat lebih mahal pun tidak masalah).
5. Nyaman, lucu, cantik, kreatif, itulah kerudung yang cocok buat Anak-Anak kita.

Biarkan anak-anak kita bermain dengan dunianya, namun tetap didik mereka sejak kecil, diantaranya denganmengenalkan salah satu dari syariat Islam, yaitu berkerudung. Insya Allah ketika besar nanti, mereka tidak kesulitan melaksanakan syariat.

kalau kita bersusah payah mendidik anak ketika kecil, maka kita akan tenang dan tentram ketika mereka sudah dewasa.

Wassalam,
Achmad Faisal, Fauzia Razak Faisal, Tsurayya Qurrata Aini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar